Karimun Jawa, I Finally Visited You *kisskiss*

Karimun Jawa, a beautiful-tiny Island in Jepara, West Java, has been my travel obsession for a long time.. and on May 15th-18th, 2014 I finally went there (nyarios naon eneng?? 😛 ) *horay* *joget2* :mrgreen:

Sebenernya rencana jalan-jalan ke Karjaw a.k.a Karimun Jawa udah (hampir) terlaksana di tahun 2013 lalu.. travel agent udah kita pilih, DP pun uda kita transfer, dan cuti juga uda diajuin… tapi ternyata eh ternyata, karena ada salah satu instansi pemerintah yang entah itu instansi apa, melakukan kunjungan kesana juga di tanggal yang sama, katanya sih kunjungan kerja, tapi gatau deh kalo ternyata malah family gathering *suudzon* 😳 jadilah angkutan penyeberangan dari pelabuhan Kartini ke Karjaw di-book semua sama beliau2 ini… so, nasib kita2 lah para traveler yang jumlahnya gak seberapa ini yang dikorbankan 😥 . Singkat kata singkat cerita, duit DP kita pun dibalikin sama agent, dan jalan2 kita ke Karjaw dibatalkan sudah… tapi sayangnya, cuti udah terlanjur masuk ke SDM dan tidak bisa dibatalkan sodara2 *nangsi darah* 😥 . Gimana nasib cuti yang udah terlanjut diambil? di sini kelanjutannya……………… *kemudian menerawang ke masa lalu*


Back to the main topic…

yaaa gitu deh, akhirnya tahun ini kita berhasil jalan2 ke Karjaw… tim jalan2 kali ini ada 11 orang : gw, cowo gw, adek gw, Arif, Tiara, Redy(cowonya Tiara), Putri, Miky, Imad, Bagus Rama, Marzuki, dan kita namain diri kita Kesebelasan Karjaw!! 😎 *jeng jeeengg* *ceilee*

Jadwal traveling kita itu 15-18 Mei, tapi karena 15 Mei nya libur Waisak, jadinya kita ada yang ambil cuti cuma Jumat, 18 Mei 2014 ada juga yang sama seninnya, 19 mei 2014 cz kita sampe Jakarta lagi senin pagi.

Day 1, Kamis 15 Mei 2014..

Pancoran – Rawamangun – Jepara

Kita bersebelas kumpul di kantor kita di daerah Pancoran sekitar jam15.00 buat bareng2 pergi ke Rawamangun cz kita baek bis dari sana jadwal jam 18.00. Dari Pancoran kita naek bis no.57 (Blok M – Pulo Gadung) sampe perempatan mall Arion, dari situ kita jalan kaki dikit ke terminal Rawamangun. Sampe terminal sekitar jam 17.00an, sebagian ada yang ngurusin pelunasan bis (sebelumnya kita uda sempet DP dulu Rp.1juta buat 11 kursi), sebagian ada yang nongki2 deket bis, dan cewe2nya sempet jajan2 dulu buat di bis :mrgreen: .

Bis berangkat sekitar jam 18.00, kita ada yang sempet maghriban di musola terminal, ada juga yang solat di dalem bis. Kita sengaja pilih perjalanan malem biar perjalanan lintas jawa ini halah gak kerasa karena tidur :mrgreen: . Bis yang kita pake kali ini adalaha Bejeu, bisnya enak, ada wifi, sedia kopi teh dan aer panas, serta ada colokan buat nge-charge di tiap kursi ini yang paling penting 😆 . Di awal perjalanan masing2 kita dikasih 1 roti dan 1 air mineral, dan di tengah jalan ntah dimana nanti, kita dikasi makan malem parasmanan yang terima apa adanya aja (karena menurut gw, sayur asemnya gak asem, dan teh manisnya gak manis :mrgreen: ).

Day 2, Jumat 16 Mei 2014..

Jepara – Pelabuhan Kartini – Karimun Jawa

20140516_05510020140516_090828

Akhirnya sekitar jam 05.00, sampe juga kita di Jepara. Kita turun di sebuah terminal kecil (gw lupa namanya), disana kita numpang melekin mata, regangin otot2 kaku karena duduk semaleman, bersih2 cuci muka gosok gigi gak pake mandi, sama sarapan dan gak lupa DP bis pulang ke Jakarta. Dari situ kita lanjut perjalanan ke Pelabuhan Kartini dengan nyarter 1 angkot buat bersebelas seharga Rp. 70ribu.

20140516_091724???????????????????????????????

Gak lama kita umpel2an dalem angkot, kita pun sampe di Pelabuhan Kartini. Cuaca disana panas beuudd… yaa namanya juga pelabuhan di cuaca cerah 😆 . Untungnya, disana ada warung yang nyediain lesehan2 gitu.. sambil nyemil2 mie goreng mie rebus, kita nunggu waktu penyeberangan sambil bobo2 cantik di lesehan situ.. jadwal kapal nyeberang habis jumatan, jadi cowo2 pada jumatan dulu di pelabuhan..

???????????????????????????????IMG_0345g

Waktunya nyebrang pun tiba.. Kita nyeberang pake kapal cepat Bahari.. gini penampakannya (gambar kiri). Ternyata yang mau nyeberang saat itu buanyak buanget temen2.. kita harus dulu2an biar dapet duduk di dalem, karena yang gak dapet di dalem ya terpaksa umpel2an di belakang luar kapal (gambar kanan). Sebenernya gw sama ade gw, dan mas Miki kebagian duduk di dalem, cuma pas sampe gw sempet poto2 dulu di luar :mrgreen: dan menurut gw, gw aja yang duduk dalem agak2 pusing karena ombak, gimana yang di luar?? 😦 .

???????????????????????????????

Yasudahlah yaa…. perjalanan tadi lupain aja.. yang penting kita uda sampe di Karimun Jawa!!! horeeyyyy!! *joget2 tari perut* 😆

???????????????????????????????20140516_205146

Karena kita cuss dari pelabuhan habis jumatan, dan gw lupa perjalanan laut tadi berapa lama, pokoknya hari ini agenda kita gak banyak. Sampe Karjaw, kita ketemu sama guide kita : Mr. Momon Tiara Tara 😎 *nanti gw tunjukin fotonya di akhir acara* :mrgreen: , trus kita dianter ke homestay(rumah penduduk yang disewa buat kita tempatin gitu :mrgreen: ) pake mobil jemputan gitu.. di rumah kita makan siang yang dikasih sama travel agent kita, trus kita pada istirahat bentar, abis itu kita langsung di ajak buat liat Sunset di-gak-tau-lupa-namanya. Perginya jalan kaki ya sodara2… dan masuknya bayar Rp. 5ribu/ orang.. udahh gitu mendaki gunung lewati lembah pokoknya *mulai lebay*.
Habis liat sunset, kita balik ke homestay buat bersih2 dan istirahat. Malem ini acaranya bebas dan kita mutusin buat jalan2 ke Lapangan sambil makan malem karena gak disediain sama agennya. Gak jauh qo dari homestay, cukup jalan kaki, nanti kita bakal nemuin sebuah alun2 yang-ternyata kalo malem-rame tukang dagang : hasil laut bakar, nasi goreng, kelapa muda, gorengan, bakso, jagung bakar, dll dll dan ada juga pedagang cenderamata kayak kaos2, gelang2, pajangan dari kerang, dll dll. Pokoknya disini seru!! 😉 . Dan alun2 ini adalah one of many things i miss from Karimun Jawa… kenapa? karena makanannya endeeessss cyiinn *nelen ludah* serta harganya terjangkau. Biasanya kan makanan di tempat wisata cenderung mahal dan dimasak asal2an, tapi disini nggak gengs… nasi goreng, ikan bakar, cumi bakarnya nagih banget! kelapa mudanya juga suegerrr…. huwaaaa kangeeennnn 😥 . Untuk pengeluaran makan malem kayak gini, kita bayar masing2, jadinya bisa beda2 tergantung apa yang dibeli. tapi untuk nasi goreng enak yang gw bilang tadi, harganya cuma Rp. 10ribu qo.. murah kan? 😉 *untuk harga yang lain gw lupa* :mrgreen: .

Day 3, Sabtu 17 Mei 2014..

Snorkeling di beberapa tempat lupa nama2nya – Pulau Gosong(kalo gak salah) – Pulau Menjangan Besar

???????????????????????????????20140517_084103

Bangun pagi sarapan udah tersedia… habis mandi, solat subuh dan sarapan (lagi2 makanannya enak sodara2… baru kali ini gw nemu homestay yang rumahnya bersih banget, tempat tidur luas, kamar mandi luas bersih dan airnya tawar, serta makanannya yang disediain enak dan gak ngasal *terharu*), hati pun menjadi riang.. apalagi hari ini kita bakal explore pulau2 cantik di Karjaw… cemunguuudddhhh!! 😆 .

????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Dan sekaranglah waktunya snorkeliiingggg… blup blup blup blup….
Kita snorkeling di beberapa tempat, ada 2 tempat kalo gak salah, sebelum kita lanjut ke Pulau Gosong buat makan siang… sempet hujan juga pas lagi snorkeling, gw sih panik cz gw gak bisa berenang 😳 makanya pas hujan itu gw naek ke kapal.. beres snorkeling, kita lanjut ke Pulau Gosong buat makan siang… and guys, get ready for the view…..

??????????????????????????????????????????????????????????????

Makan siang kali ini menunya Ikan dan Cumi Bakar Sambel Kacang… dan entah karena emang makanannya enak atau karena kita semua lagi pada laper abis snorkeling, tapi ini makanannya endeeesss bingiiiitttssss….apalagi bumbu kacangnya.. beuuhhh juara!!! 😎 *nelen ludah inget sambel kacangnya* .

?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????20140517_125657

Habis makan, mareeee kita putu2 😎 Pulau Gosong ini keren bingits.. waktu kita kesana, cuaca lagi cerah jadinya perpaduan warna yang disuguhkan *halah* perfecto!! pasir putih, laut biru, awan ceria, langit cerah, dan samar2 tampak pemandangan gunung.. beuuuhhhh gak mau pulaaaaanggggg 😥 . Waktu kita gak banyak di pulau itu, masih betah tapi tetep harus cap to the cus karena masih ada destinasi lain yang menunggu : Penangkaran Hiu 😎 .
Pesan sponsor : Walau berada di tengah laut antah berantah, dan lagi asik2nya maen, tetep jangan lupa solat ya sodara2…. 🙂 .

??????????????????????????????????????????????????????????????

Selese di Pulau Gosong, kita lanjut ke Pulau Mejangan Besar, disana tempatnya penangkaran hiu. Maen2 disana kita bisa foto2 sambil pegang penyu, kura2, pari kecil, dan bintang laut (pic kiri). Biayanya Rp. 5ribu/ orang. Selain itu, kita juga bisa nyemplung ke kolam yang isinya anak2 hiu (pic kanan)… berani coba? gw sih diberani-beraniin aja… toh udah jauh2 sampe sana qo :mrgreen: agak ngeri sih, apalagi sama mas2 yang jaga, dicemplung2in ikan mentah ke sekitar kita.. tapi tenang aja, selama lo gak lagi terluka/ berdarah banyak, nyemplung ke kolam itu aman qo 😉 untuk biayanya, nyemplung ke hiu Rp. 10ribu/ orang.

Dari pulau Menjangan Besar, kita lanjut OTW pulang ke homestay. Badan uda kedinginan karena seharian maen aer, perut juga uda laper (lagi), dan badan uda berasa cape.. so, markipul mari kita pulaaanggg……..

Intermezzo
??????????????????????????????????????????????????????????????
Pulang snorkeling, kita lewat alun2 semalem… disana adapohon besar gitu, dan di depan pohon itu ada bangku buat nongki2… saat lewat situ, gw, cowo gw, tiara, dan cowonya iseng ambil beberapa foto.. kita naek ke bangku, trus kita foto2 dibantu bang Marzuki… but you know what? waktu lagi foto, tiba2 ada kucing item nyamperin kita, meong2 liatin kita tajem banget… kucing itu bener2 mandangin kita terus2an sambil ngeong2 gak berenti sebelum kita pergi dari tempat itu… entah apa kucing itu gak suka kita disitu atau apa, yang jelas waktu itu agak spooky juga cz itu kucing bener2 kayak ngusir kita…. wallahualam…………

Last Day, Minggu 18 Mei 2014..

Liat Sunrise di gak tau namanya – Jepara – Jakarta

Pagi2 kita dikasih kabar kalo rencana kepulangan berubah.. di jadwal semula kita pulang sore pake Kapal Cepat kayak waktu berangkat, ternyata diubah jadi pulang siang dengan kapal Feri. dan yap!! anak2 pada bete… dan karena penanggung jawab travel agent adalah cowo gw, jadilah anak2 pada komplain ke cowo gw dan gw tentunya… tapi kita mau gimana lagi, memang jadinya ada agenda yang gak kita jalanin, tapi kalau alesannya air laut lagi tinggi jadi biar perjalanan pulang lebih aman, what can you say?

20140518_06202020140518_062320

Sebelum pulang, masih ada 1 agenda yang bisa kita jalanin : liat Sunrise.
Kita diajak ke sebuah pantai entah apa namanya, disana katanya lah tempat bagus buat liat sunrise. Tapi apa mau dikata, ternyata cuaca memang lagi gak mendukung manteman, jadilah sunrise pun gak keliatan. Tapi yasudahlah ya… yang penting kita putu2 :mrgreen: .
Puas foto2, kita balik ke homestay. Sarapan yang udah disediain, mandi, packing, and ready to go back to Jepara……

??????????????????????????????????????????????????????????????

Dan tibalah waktu kita untuk pulang. Kali ini kita pulang pake kapal Feri. Jalannya lebih lambat, makan waktu di laut lebih lama, but for me, ini lebih nyaman karena gak bikin mual.

20140518_082824
Oya, saat baru masuk Feri, kita ditawarin untuk nambah biaya Rp. 20ribu/ orang dan bisa tiduran di tempat staf. And we took that. Badan yang capek jadinya bisa diajak rebahan selama perjalanan. Karena perjalanan kita sebeneranya masih panjang……….

Epilog
Saat dalam perjalanan di dalam Feri dan hampir sampai, gw liat qo Feri nya jalan sejajar dengan Pelabuhan Kartini ya? bukannya harusnya mendekat? awalnya gw pikir mungkin gw yang salah lihat pelabuhan. Tapi ternyata gw bener… saat itu Feri memang jalan agak memutar karena mengikuti arus air laut…
Saat dalam Feri pula, Tiara dapet kabar dari orang rumahnya kalau mamanya mengalami kecelakaan : Tabung gas rumah meledak, dan beliau menderita luka bakar yang cukup parah…
Setelah sampai Jakarta, kami baru tahu bahwa Feri yang berjalan memutar disebabkan karena arus air laut yang cukup deras yang disebabkan oleh bulan purnama yang akan terjadi sehingga laut menjadi pasang naik dan arus pun meningkat…
Mendapat info dari teman2 kenalan yang tidak pulang bersama kami dengan penyeberangan Feri, ternyata arus laut yang tidak memungkinkan mengakibatkan Feri yang kami tumpangi adalah penyeberangan terakhir hari itu….
Jika saja kami mengikuti ego yang tidak mau pulang siang itu, maka kami akan benar2 tidak bisa pulang hari itu karena tidak adanya penyeberangan baik Feri maupun Kapal Cepat….
Selain hilang waktu, hilang juga DP bis pulang yang uda kita pesen….
Selain itu, yang lebih penting adalah setelah Tiara mendapat berita buruk dari rumah, tentunya dia akan tetap tertahan di pulau nun jauh disana tanpa kepastian kapan bisa pulang… dan tentunya suasana justru akan menjadi semakin suram….

Selalu ada hikmah dari setiap kejadian… dan dengan kejadian ini, gw semakin percaya itu…. 🙂

???????????????????????????????

And overall, we’re in Love with you Karimun Jawa…….. 🙂

note :
Berikut total pengeluaran per orang di luar jajan dan oleh2 yaaa…. 😉
Pengeluaran
dan berikut Mr. Momon yang Fenomenal itu :mrgreen:
???????????????????????????????
ada yang jatuh cinta??? *wink wink*

Iklan

4 thoughts on “Karimun Jawa, I Finally Visited You *kisskiss*

    • ahahhahaha gosong pasti!! namanya jg maen k pantai 😀
      tp seru dan ngangenin…apalagi makanannya…enak dan murah..hohoho

      Suka

    • makasih udah baca 🙂
      iyaaa..saking serunya jadi panjang banget…ini aja sebenernya masih banyak yg pengen diceritain..hehehe 😀
      salam kenal jg mas..btw, sy cewe 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s