Serba Serbi Tes CPNS Kemenkeu 2014

Seperti yang pernah sedikit gw singgung di post traveling gw ke Kuala Lumpur, tahun 2014 kemaren gw ikutan seleksi CPNS di Kementerian Keuangan ato bahasa bulenya itu Ministry of Finance (MOF) B-) #halah. Gw udah melewati semua rangkaian tes nya, dan alhamdulillah sekarang gw berstatus (calon)CPNS MOF :-). So, berbagi sedikit pengalaman, kali ini gw cuma mau cerita aja apa aja sih tes masuk MOF ini… and here we go…

Tes pertama tentunya Seleksi Administrasi. Karena tahun ini peserta tes CPNS hanya bisa mendaftar di satu Kementerian/ Lembaga (dulu bisa ikut di beberapa Kementerian/ Lembaga, jadi kalo gagal di satu tempat, bisa coba di tempat laen :mrgreen: ,tapi kalo sekarang gabisa ), kita diminta untuk registrasi online di portalnya BKN atau Menpan #CMIIW (so sorry uda gw ubek2 babeh google tapi gak nemu link registrasinya.. mungkin uda di tutup 😦 ). Saran gw, di tahap ini pokoknya harus hati2 isi datanya… soalnya kesempatannya cuma 1x dan kejujuran diutamain.. jangan sampe data yang kita isi gak sesuai dengan berkas aslinya… sama satu lagi yang gak kalah penting, setelah beres registrasi, username sama passwordnya jangan dilupain yaa…soalnya itu bakal dipake lagi kalo kita lolos seleksi administrasi trus mau nyetak tanda peserta buat seleksi-seleksi selanjutnya….

Seleksi CPNS Kemenkeu ini sistemnya gugur ya gaess… jadi yang masuk suatu tahap seleksi harus lolos dulu tahap seleksi sebelumnya… duh belibet ya bahasa gw? yaa pokoknya begitu lah… :mrgreen:

Tes kedua adalah Tes Kemampuan Dasar(TKD) berbasis CAT(Computer Assisted Test ). Ini ujiannnya pake komputer gaes… jadi disini kita akan dihadepin sama soal-soalny yang terbagi dalam 3 jenis penilaian : Tes Wawasan Kebangsaan(TWK), Tes Inteligensia Umum(TIU), Tes Karakteristik Pribadi(TKP). Isi tesnya macem2, mulai dari Wawasan Nusantara, Kebangsaan, Pancasila, Logika Matematika, dll dll (sorry lupa detailnya :mrgreen: ). Menurut gw gak ada kunci pasti sih buat tes ini… lebih ke keberuntungan dan doa orang tua *halah* aja… soalnya apa yang gw pelajarin, beda banget sama soal yang gw terima… ada sih dikit, tapi dikitnya pake banget.. heheh… pokoknya lo isi aja sebisa lo, jangan ada yang dikosongin soalnya gak sistem minus, dan jangan kelamaan mikirnya juga.. soalnya seinget gw, 1 soany hanya punya waktu kurang dari 1 menit buat mikir…

Tes ketiga adalah Psikotest. Menurut gw tes ini yang paling menguras tenaga.. tenaga otak maksudnya :mrgreen: . Tesnya berlangsung hampir seharian, kurang lebih dari jam 8.00 WIB sampe jam 15.30 WIB. Waktu selesainya bisa beda-beda tergantung peserta ngisi data diri dan tes yang uraian-uraian lama apa ngga. Untuk psikotest ini, Kemenkeu menggandeng *ceileee* Iradat Konsultan yang bantu Kemenkeu menilai “kejiwaan” calon-calon pegawainya. Tesnya ada banyak tahap, gw sebutin yang gw inget aja ya… Ada tes pola gambar(tes yang gambar balok ada titiknya di pojok atau ada arsirnya gitu2 itu lhooo..), tes kemungkinan gabungan gambar(tes yang ada beberapa potongan gambar, trus kalo semuanya digabung akan jadi gambar yang mana), tes hubungan makna(sinonim dan antonim..tau lah yaa..), Tes hitung cepat(soal tambah bagi kurang kali yang makin lama angkanya makin jelimet :mrgreen: ), Tes Psikologi(yang kita dikasih beberapa buku itu lhoo.. trus disuruh pilih yang mana yang menunjukkan diri kita, trus tes yang ada pilihan Sangat Benar, Banyak benarnya, Ragu-ragu, Banyak salahnya, dan Sangat Salah dan kita disuruh milih sesuai kondisi kita), Tes penalaran(mirip logika matematika gitu, yang A lebih tua dari B dan Blebih tua dari A lalu siapa yang paling tua?begitu begitu sodara sodara..), Tes Gambar(gambar pohon, gambar manusia penuh, sama WARTEGG tes yang ada kotakan 8 trus suruh lanjutin jadi gambar lalu pilih yang paling mudah, susah, disukai dan tidak disukai), dan yang terakhir dan paling pamungkas tentu saja tiada lain tiada bukan tiada duanya, PAULI!! muahahahaha 👿

Tes Keempat dan kelima adalah Tes Kebugaran dan Tes Wawancara. Kedua tes ini urutannya bisa bolak balik sesuai jadwal yang kita terima ya gaes.. kemaren gw Tes kebugaran dulu baru wawancara, tapi temen gw ada yang wawancara dulu baru kebugaran.
Tes kebugaran, ada 3 proses : pertama ketemu dokter yang disediakan (disini kita dicek matanya minus dan buta warna apa ngga, jantungnya, tekanan darah, dll dll), setelah itu baru masuk ke lari 12 menit (disini kita disuruh lari sesuai track yang ada selama 12 menit untuk dihitung jarak yang bisa kita tembuh selama itu — kalo gak kuat, jalan juga boleh qo, cuma kalo bisa banyakin lari nya daripada jalannya.. kan ini judulnya tes lari bukan tes jalan :mrgreen: ), dan yang terakhir adalah shuttle run alias lari angka 8 (disini kita disuruh lari cepet membentuk angka 8 sebanyak 3 putaran untuk dihitung kecepatan yang kita miliki.. lari aja sekencengnya, tapi jangan lupa ngerem juga.. hehe).
Tes wawancara, setiap orang akan dihadapkan dengan 2 orang interviewer dan akan diwawancara selama 30-60 menit. Pertanyaan yang gw dapet sih, seputaran kesuksesan dan kegagalan yang pernah kita hadapi dalam hidup. Kalo yang udah pernah kerja sebelumnya, maka pertanyaannya seputaran pengalaman kita di dunia kerja. Sedangkan untuk yang fresh graduate, pertanyaannya seputaran pengalaman organisasi dan kehidupan kita selama di kampus. Pokoknya dibawa santai aja, dibawa ngobrol-ngobrol aja, maka waktu 60 menit akan berlalu dengan cepat :-).

Over all, dari semua rangkaian tes di atas, 1 hal yang penting : jangan lupa waktu!!
Registrasi jangan sampe salah waktu, TKD jangan kelamaan mikir, Psikotes jangan kelamaan mikir juga dan jangan jawah narasi yang terlalu berbelit-belit, Kebugaran tentu udah diwaktuin sama panitian, dan wawancara juga jangan keenakan ngulur waktu trus ngasi jawaban yang ngalor ngidul eeeehhh taunya malah pokok jawabannya gak tersampaikan. So, good luck 😉

NB : selama rangkaian tes, segala pengumuman akan disampaikan melalui portal rekrutmen kemenkeu disini yaaa…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s