Perpanjangan SIM 2018

Holla….
Belum lama ini gw abis perpanjang masa aktif SIM C gw (cuma SIM C soalnya belum punya SIM A dan belum bisa nyetir mobil jg..ohohoho :mrgreen: )… if I’m not mistaken, ini kali ke-2 gw perpanjang SIM dan dalam jangka waktu 5 tahun itu ternyata prosedur perpanjangannya sudah jauh berbeda..and I’m amazed 😯 .

10 tahun yang lalu a.k.a kali pertama gw perpanjang masa aktif SIM, gw harus datang ke kantor polisi sesuai KTP (KTP gw kebetulan kabupaten Bandung-Cileunyi sehingga perpanjang SIM cuma bisa dilakukan di polsek Soreang yang jauhnya kayak beda planet dengan rumah gw, ga bisa di polres yang ada di kota #cmiiw). Datang pagi-pagi banget karena antriannya ga jelas, isi formulir di tempat A, trus pindah ke tempat B yang jaraknya jauh dari tempat A  buat dapet surat “sehat” alias buat tes kesehatan, abis itu balik lagi ke tempat A, antri lagi mengular buat cap sidik jari pake tinta di semua jari sampe belepotan, abis itu baru dipanggil buat foto. Abis foto, nunggu agak lama lagi lalu dipanggil untuk ambil SIM yang udah jadi.

Tahun ini, 2018, sistemnya udah jauh berbeda: Simpler, Faster, and more well organized. #StandingApplause 😀

Tempat : as long as kita uda punya e-KTP, perpanjang bisa dimana aja (bisa di mobil SIM keliling, di kantor polisi yang menyediakan layanan perpanjangan SIM, bisa juga di Mall Pelayanan Publik kayak gw kemarin). KTP gw masih kab.Bandung, dan kemarin gw perpanjangan di kota Bekasi. no problem. 🙂

Waktu : minimal H-15 dari tanggal berlaku habis.

Kelengkapan yang harus dibawa : SIM asli + fotocopy KTP (2 lembar kalau cuma 1 SIM, 6 lembar kalau 2 SIM-A dan C) +  pulpen untuk isi formulir.

Prosesnya :

  1. Datang pagi, antri tertib di depan mesin antrian, siapin SIM asli untuk ditunjukin ke petugas antrian (ini buat ngecek, memang sudah memasuki masa perpanjangan atau belum). Mesin antrian dioperasikan mulai jam 6.30 tapi antrian biasanya sudah mengular jam segitu, jadi datang lebih awal lagi.
  2. Kalau sudah dapat nomor antrian, siapin fotocopy KTP lalu sarapan dulu aja karena proses perpanjangan baru dimulai jam 8.00.
  3. Sebelum jam 8.00 akan ada arahan dari polisi yang bertugas tentang alur proses perpanjangan, dengerin dengan seksama biar gak bingung.
  4. Jam 8.00 akan mulai dipanggil per 10 nomor antrian, langsung ke pos formulir untuk ambil formulir dan menyerahkan SIM lama, isi formulir sesuai perintah.
  5. Beres isi formulir, lanjut ke pos pemeriksaan kesehatan, bayar Rp. 25.000,-
  6. Dapat surat sehat, lanjut ke pos pembayaran perpanjangan SIM, SIM C bayar Rp. 75.000,- SIM A bayar Rp. 80.000,-
  7. Habis itu lanjut ke pos asuransi, bayar Rp. 30.000,-
  8. Setelah itu lanjut ke pos tempat menyerahkan/menyimpan formulir yang tadi sudah diisi + dilengkapi dengan kwitansi-kwitansi pembayaran, abis itu bisa duduk nunggu panggilan foto.
  9. Formulir yang tadi kita serahkan akan diinput ke database kepolisian, setelah beres akan dilakukan pemanggilan untuk foto.
  10. Kalau sudah dipanggil, tinggal antri tertib untuk foto, cap sidik jari (sudah pake mesin, jadi tangan uda gak belepotan tinta :green: ) dan perbaiki data jika ada yang harus disesuaikan.
  11. Gak lama setelah foto, gw sendiri paling cm 1-2 menit, kita dipanggil lagi untuk ambil SIM jadi.

Done! Our driving license has been updated! 🙂

Asal kita tertib dan sudah mempersiapkan kelengkapannya, prosesnya cepet banget. Waktu gw kemarin, gw datang ke Mall Pelayanan Publik di Bekasi sekitar jam 6.30 dapet antrian nomor 51. Proses layanan oleh kepolisian dimulai tepat jam 8.00 dan jam 9.00 SIM gw uda jadi #horaaayyy 😆 .

I was so satisfied with their service. Good Job Polri 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s